Prinsip Optimasi dalam CPA dan Affiliate Marketing

Prinsip Optimasi dalam CPA dan Affiliate Marketing

by admin

Bicara tentang CPA marketing tidak terlepas dari sebuah proses bernama optimasi.

Tugas pokok dari seorang CPA dan Affiliate marketer adalah mempromosikan offers dan mengoptimasi kampanye (campaign) promosinya. Optimasi harus dilakukan secara terus-menerus supaya selalu mendapatkan hasil terbaik.

Ada tiga elemen utama dalam sebuah proses CPA:

  • Iklan
  • Landing page
  • Offer

Ketiga elemen ini masing-masing harus dioptimasi seiring proses berpromosi. Untuk anda yang tidak menggunakan paid traffic mungkin tidak perlu pusing dengan optimasi iklan.

Prinsip Optimasi dalam CPA dan Affiliate Marketing

Prinsip Optimasi dalam CPA dan Affiliate Marketing

Mengenal split test

Split test atau juga kadang disebut A/B test adalah menguji dua atau lebih variabel dalam kondisi yang sama. Misalkan menguji elemen landing page antara variasi A dan variasi B. Dari pengujian akan didapatkan varian mana yang memberikan hasil lebih bagus.

Hasil yang lebih jelek akan kita buang, sementara hasil yang lebih bagus kita uji kembali dengan variasi C. Demikian seterusnya.

Dari ketiga elemen di atas, masing-masing harus kita lakukan split-test.

Mengenal tracking tool

1421567449_search-128Untuk mengetahui variasi mana yang performanya lebih oke, kita harus mengetahui beberapa data seperti jumlah iklan ditampilkan, jumlah klik, dan jumlah konversi offer. Inilah fungsinya tracking tool atau alat pelacak.

Ada 2 tracking tool yang bagus untuk pemula:

  • Prosper202, 100% gratis tetapi harus kita hosting sendiri
  • Voluum, gratis sampai batas penggunaan tertentu, tidak perlu pusing memikirkan hosting

Mengenal angle

Angle adalah sudut pandang atau pendekatan yang kita ambil untuk menawarkan suatu offer kepada orang lain. Angle sangat penting dalam CPA marketing. Menggunakan angle yang berbeda dengan offer yang sama, anda bisa mendapatkan hasil yang jauh berbeda.

1421567532_wand-128Angle adalah sebuah alasan yang kita berikan supaya mereka tertarik dengan offer kita. Kalau saya mempromosikan sebuah aplikasi anti-virus, maka angle adalah alasan mengapa mereka harus mengunduh anti-virus tersebut.

Pendekatan yang bisa kita ambil dalam contoh di atas misalkan manfaat dari anti-virus (membersihkan virus, mempercepat komputer), akibat kalau tidak menggunakan anti-virus (akan terinfeksi virus, komputer menjadi lambat, komputer akan rusak), dan lain-lain

Setiap angle akan memberikan hasil yang jauh berbeda, untuk mendapatkan angle yang bagus anda harus kreatif dan harus melakukan uji split-test.

Optimasi iklan

Iklan ada tiga macam: berupa teks, gambar, atau teks+gambar. Lebih dari itu, sebuah iklan mengandung satu angle.

Untuk membuat iklan yang bagus, anda harus memanfaatkan ketiga elemen tersebut (teks, gambar/desain, angle) untuk menciptakan iklan yang menarik.

Dalam proses optimasi split-test iklan, ketiga elemen tadi harus diikutsertakan sebagai variabel. Jadi, anda perlu membuat beberapa variasi iklan yang memiliki angle yang berbeda, teks yang berbeda, dan gambar/desain yang berbeda.

Optimasi landing page

Dalam bab sebelumnya, saya sudah menjelaskan komponen-komponen utama dalam sebuah landing page. Kelima komponen ini masing-masing harus diuji sebagai variabel untuk mendapatkan desain iklan terbaik.

Sedangkan untuk angle, landing page tentunya mengikuti iklan. Jadi sebaiknya angle dari landing page disamakan dengan iklan anda.

Optimasi offer

Ada 3 macam optimasi offer.

Pertama. Dalam sebuah CPA Network, ada beberapa offer yang intinya mirip. Misalkan offer berupa voucher belanja A, B, dan C. Anda bisa melakukan split-test untuk masing-masing offer yang mirip ini.

Kedua. Ada offer yang sama tetapi dengan target negara yang berbeda. Anda bisa menguji negara mana yang memberikan hasil terbaik.

Ketiga. Kalau anda memiliki akun di 2 atau lebih CPA Network, anda bisa menguji offer yang sama di 2 CPA Network yang berbeda. Meskipun offer-nya sama, tetapi perbedaan CPA Network bisa mengeluarkan hasil yang berbeda.

Kapan berhenti mengoptimasi?

Pertanyaan yang sulit dijawab karena yang tahu persis adalah anda sendiri sebagai marketer. Anda sudah bisa berhenti mengoptimasi kalau pada akhirnya penguijan yang anda lakukan tidak lagi membawa hasil yang signifikan.

Hasil akhirnya, bisa berupa keuntungan atau kerugian untuk anda. Kondisi ‘untung’ terjadi kalau biaya per-konversi lebih rendah daripada komisi, sebaliknya untuk kondisi ‘rugi’.

Ketika pengujian sudah tidak memberikan hasil signifikan dan anda dalam kondisi untung, lanjutkan terus kampanye iklan ini. Artinya anda sudah berhasil mendapatkan penghasilan dari usaha anda.

Tetapi kalau anda dalam kondisi rugi dan pengujian sudah mentok, segera berhentikan dan beralih ke offer lainnya.

Penutup

CPA Marketing dengan paid traffic adalah permainan untung-rugi. Meskipun secara keuangan rugi, tetapi anda tidak akan rugi karena anda mempelajari hal baru.

Dalam menguji split-test, anda akan menemukan lebih banyak yang gagal daripada yang berhasil. Ini normal. Anda akan menghabiskan sejumlah uang dalam split-test.

Tetapi ketika anda sudah sampai pada titik untung, semua kerugian ini akan segera tertutupi dengan sangat cepat. Jadi, dedikasi dan sifat pantang menyerah sangat berperan penting di sini.

Related Posts

Leave a Comment

Blog Otwsultan tempat belajar CPA Marketing,Blogger,YouTuber dan Free Download Template,Plugin,Tools dan masih banyak lainya.

Copyright @2022  All Right Reserved – Designed and Developed by otwsultan.com